Peran Mahasiswa Dalam Pembangunan Daerah Sangat Dibutuhkan - Portal Pantura

Peran Mahasiswa Dalam Pembangunan Daerah Sangat Dibutuhkan

Kamis, 10 Oktober 2019, 22.25
iklan

PortalPantura.com, Brebes - Mahasiswa diharapkan tanggap terhadap pembangunan daerahnya, perananya juga sangat dibutuhkan. Mahasiswa bisa berperan langsung, bukan hanya sebagai penonton.

“Sejak 9 Juli 2019, Kabupaten Brebes telah ditetapkan Presiden sebagai kawasan indutri,” ujar Djoko saat menyampaikan Studium General di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Widya Manggalia Brebes, di gedung Korpri Jalan MT Haryono Brebes.

Ini berarti, kata Djoko, selain penuh tantangan juga telah membuka kesempatan kerja masyarakat Brebes, termasuk bagi Mahasiswa yang sekarang tengah menimba ilmu.
“Kalian tidak usah jauh-jauh merantau keluar daerah, cukup bekerja di Brebes karena banyak perusahaan-perusahaan besar yang berdiri di Brebes,” ajaknya.

Djoko juga mengingatkan, terhadap fenomena tantangan besar yang harus dihadapi dunia saat ini yakni Revolusi Industri keempat atau Industri 4.0. Menghadapi hal tersebut, mahasiswa harus meningkatkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM). Empowering human talent adalah kunci kemajuan Indonesia dalam penerapan industri 4.0.

Djoko menerangkan bahwa pemerintah telah menetapkan peta jalan Making Indonesia 4.0 sebagai strategi menerapkan revolusi industri 4.0 sekaligus membawa Indonesia masuk 10 besar ekonomi dunia pada 2030. Jumlah penduduk yang banyak, ditunjang dengan perkembangan insfrastuktur dan sumber daya manusia (SDM) bisa menjadi modal penting untuk melaksanakan revolusi industri 4.0.

“Indonesia membutuhkan lebih kurang 17,5 juta tenaga kerja yang ahli dalam teknologi digital pada tahun 2030,” pungkasnya.

Ketua Panitia Studium General, Medi Tri Purwanto SE MM menyebutkan, studium general diikuti mahasiswa semester 1-7 sejumlah 280 orang.

Salah seorang mahasiswa Purnama, mengaku senang mengikuti Studium General karena materi yang disampaikan narasumber sangat inspiratif. Sehingga mampu menjadi motivasi mahasiswa dalam menempuh kuliah.

Studium General dibuka Ketua STIE Widya Manggalia Brebes Magdalena Tuari Senduk SE MM. Dia menyampaikan arti pentingnya menyerap ilmu dari orang orang yang telah sukses dalam kariernya seperti Sekda Brebes Ir Djoko Gunawan MT. Kuliah umum, merupakan  adalah agenda tahunan untuk memotivasi dan menumbuhkan jiwa entrepreneur mahasiswa dengan tema yang berbeda beda.

“Mahasiswa STIE Widya Manggalia, selain mahasiswa reguler, banyak pula mahasiswa yang sudah bekerja di berbagai instansi pemerintah dan swasta di Brebes.  Diharapkan Mahasiswa bertambah wawasannya komperhensif tentang satu hal yang menjadi tema dalam kuliah umum.

Acara yang dimoderatori Ir Iskandar MM ini antara lain dihadiri Ketua STIE Widya Manggalia Magdalena Tuari Senduk SE MM, Pembina Yayasan STIE Widya Manggalia Drs Bambang Soetedjo, Sekretaris Lusia Wulandari Sutejo SE MM, Pembantu Ketua I Sri Rahayu SE MM, Pembantu Ketua II  Apriyani SE, Pembantu Ketua III Medi Tri Purwanto SE MM.
(Dinkominfotik Brebes)

TerPopuler