Siswa SD Muhammadiyah Bumiayu Diajak Kenali Obat - Portal Pantura

Siswa SD Muhammadiyah Bumiayu Diajak Kenali Obat

Sabtu, 12 Oktober 2019, 11.27
iklan

PortalPantura.com, Brebes - Siswa SD Muhammadiyah Bumiayu di ajak mengenal obat yang dilakukan oleh Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) pimpinan cabang Kabupaten Brebes, Sabtu (12/10/2019) di sekolah tersebut.

Ketua IAI Brebes Selatan Sandy Pratomo SFarm Apt mengatakan, pengenalan obat kepada SD Muhammadiyah tersebut adalah kegiatan pengenalan obat sejak dini dalam rangka Hari Apoteker Se Dunia.

Pengenalan obat sejak dini ini karena obat merupakan komoditi yang bukan sembarangan.

"Kalau di Kabupaten Brebes ada dua tempat, di Brebes utara di SDN 2 Kersana, sedangkan di Brebes wilayah selatan di SD Muhammadiyah Bumiayu," kata Sandy.

Sandy menuturkan, acara pengenalan obat sejak dini ini juga dalam rangka memecahkan rekor Muri pengenalan obat kepada anak SD terbanyak.

Acara yang berlangsung sejak pagi hingga siang hari tersebut disiarkan secara langsung secara streaming di media sosial masing-masing cabang IAI.

Dalam tersebut juga diisi dengan berbagai lomba seperti lomba2 good choice, menyanyi jinggle apoteker lomba mewarnai, dan lomba membuat puyer.

Selain pengenalan obat sejak dini, IAI juga melakukan edukasi kepada masyarakat umum yakni Dagusibu (Dapatkan, Gunakan, Simpan, Buang).

Dapatkan, artinya untuk mendapatkan obat harus di tempat semestinya atau resmi seperti apotek, dokter, dan puskesmas, dan rumah sakit.

Selanjutnya, Gunakan. Artinya, dalam menggunakan obat harus sesuai dengan peruntukanya.

Simpan. Artinya, dalam manyimpan obat harus ditempat sesuai dengan petunjuk yang ada di dalam kemasan obat. Obat juga tidak boleh dipapar sinar matahari agar khasiat obat tidak berkurang.


Dalam membuang obat juga tidak boleh sembarangan. Jika obat dalam bentuk cair, sebelum di buang kemasanya, sebaiknya cairan obat dikeluarkan terlebih dahulu di saluran air. Jika obat dalam bentuk tablet maka obat harus di remuk dulu sebelum dibuang. Hal ini dilakukan agar tidak disalahgunakan.

Sementara, Kepala SD Muhammadiyah Bumiayu Diati Kusdiati SAg SPd mengatakan, kegiatan ini sangat baik bagi siswa karena dengan kegiatan ini siswa bisa tau tentang obat-obatan.

'Yang ikut kegiatan ini dari siswa kelas 5," kata Diati.
(Yudhi)

TerPopuler