scroll / tutup
Edu

Universitas Peradaban Beri Pelatihan Penulisan dan Pembacaan Puisi Siswa SD Islam Ta’allumul Huda Bumiayu

Abi N
×

Universitas Peradaban Beri Pelatihan Penulisan dan Pembacaan Puisi Siswa SD Islam Ta’allumul Huda Bumiayu

Sebarkan artikel ini
IMG-20240514-WA0004_copy_523x294
IMG-20240514-WA0005_copy_1280x720
IMG-20240514-WA0006_copy_523x295

Portal Pantura, Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Ilmu Komunikasi menyelenggarakan pelatihan menulis puisi bagi para siswa SD Islam Ta'allumul Huda . Kegiatan tersebut berlangsung pada 11-12 Mei 2024 di ruang kelas setempat.

Kegiatan pelatihan Menulis dan Pembacaan Puisi ini menghadirkan tiga narasumber berasal dari Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Ilmu Komunikasi, yaitu Dr. Cintya Nurika Irma, M.Pd., Yukhsan Wakhyudi, M.Pd., dan Reza Abineri, M.I.Kom. Selain itu, kegiatan ini juga melibatkan dua mahasiswa dari Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP, yaitu Yolanda Tania dan Eva Okataviana Sari.

Pelatihan menulis dan membaca ini dilaksanakan untuk membekali keterampilan bagi para siswa SD Islam Ta'allumul Huda dalam hal penulisan puisi. Adapun peserta mulai dari kelas 2 hingga kelas 5.

Pendampingan pembelajaran membaca dan menulis permulaan bisa dilakukan dengan media yang menarik dan mengedukasi. Media animasi 3D dan buku adalah media yang sesuai diberikan untuk siswa.

Pemateri Penulisan Puisi Yukhsan Wakhyudi, M.Pd mengatakan menulis puisi adalah keterampilan berbahasa yang tidak bisa diperoleh dengan cara yang singkat. Membutuhkan proses yang lama untuk bisa terampil membaca dan menulis.

“Keterampilan membaca dan menulis diperoleh secara bertahap, dari mengenal huruf, suku kata, kata dan kalimat yang indah,” katanya.

Dalam melatih menulis, para siswa menuliskan menyusun tabel yang berisi judul dan pesan, ungkapan dan pembaitan hingga hasil temuan puisi. Lalu mereka diminta untuk mengisi tabel di buku masing -masing agar mengingat dan membaca ulang di rumah.

Kegiatan pelatihan penulisan dan pembacaan puisi ini memiliki tujuan utama yaitu membekali keterampilan pada pemilihan dan ketepatan pada diksi, majas, rima serta penyusunan kalimat dalam laik puisi.

Pelatihan tersebut dianggap sangat penting karena diharapkan dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Hal ini mengingat kenyataan bahwa masih banyak siswa yang masih merasa kurang percaya diri. Indra Gautama, S.Sos. selaku Kepala SD Islam Ta'allumul Huda menyatakan menulis dan membaca keterampilan dasar bagi siswa. Oleh karena itu, keterampilan ini sangat perlu diajarkan kepada anak-anak.

“Untuk menumbuhkan rasa percaya diri siswa sekaligus melatih mereka sekaligus mendampingi mereka agar terampil dalam hal merangkai kosa kata yang indah,” katanya.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Selama kegiatan berlangsung, kegiatan ini didampingi oleh Kepala Sekolah SD Islam Ta'allumul Huda yaitu Indra Gautama, S.Sos.. Pelaksanaan kegiatan pelatihan ini diawali dengan sambutan dari Kepala SD Islam Ta'allumul Huda Indra Gautama, S.Sos.. Selanjutnya, kegiatan diisi dengan pemaparan materi pertama terkait dengan Penulisan Puisi di Kelas yang disampaikan oleh Yukhsan Wakhyudi, M.Pd. dan materi kedua terkait dengan Cakap Membaca Puisi di depan publik disampaikan oleh Dr. Cintya Nurika Irma, M.Pd. dan materi ketiga Penulisan di Media Massa oleh Reza Abineri, M.I.Kom. Dalam kegiatan ini siswa tidak hanya mendapatkan pengetahuan secara teori, tetapi siswa juga langsung mempraktikan ilmu yang sudah didapatkan.

Masing-masing siswa mempraktikkan menulis individu setelah mendapat materi. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat. Harapan selanjutnya yaitu bahwa kerjasama antara dan SD Islam Ta'allumul Huda tidak hanya berakhir pada kegiatan ini, akan tetapi terus berlanjut dengan bentuk kerjasama di bidang yang lain.***

Baca berita terbaru dan konten menarik dari Portal Pantura di Aplikasi Google News Klik disini


konten berikut berasal dari advertiser. Redaksi Portal Pantura tidak terkait dengan pembuatanya

Don`t copy text!