scroll / tutup
Edu

Puluhan Siswa SMK Al Huda Bumiayu, Antusias Mengikuti Pelatihan Menulis Majalah Sekolah

Redaksi
×

Puluhan Siswa SMK Al Huda Bumiayu, Antusias Mengikuti Pelatihan Menulis Majalah Sekolah

Sebarkan artikel ini

Portal Pantura,  – 25 siswa mengikuti pelatihan jurnalistik dan penulisan artikel sastra di , Rabu, 22 Mei 2024. Kegiatan yang berlangsung antusias ini bertujuan untuk pemberdayaan menulis majalah sekolah bermuatan kearifan lokal oleh dosen FKIP dan FISIP Universitas Peradaban.

Puluhan siswa ini berasal dari perwakilan kelas X dan pengurus OSIS sekolah. Mereka diajak untuk menumbuhkan atau bahkan memberdayakan kemampuan-kemampuan yang dimiliki oleh siswa siswi yang berkaitan dengan bidang jurnalistik.

Kepala Yudi Hariyadi S.IP sangat mendukung adanya acara pelatihan ini dengan harapan agar siswa siswi memiliki kemampuan yang tidak jauh berbeda dengan siswa siswi dari sekolah lain yang lebih dulu memiliki nama besar. juga sangat terbuka dengan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan oleh Universitas Peradaban dengan melibatkan .

“Kerja sama yang baik dengan Universitas Peradaban sudah terjalin lama, ya. kami sangat welcome asalkan acara atau kegiatan yang akan dibuat dapat memberikan manfaat bagi siswa siswi kami. Kami mendukung dengan penuh pada saat kegiatan pelatihan jurnalistik akan diadakan di sekolah kami dan pelatihan ini menurut saya sangat bagus karena selain dapat menumbuhkan kemampuan siswa dalam berjurnalistik hasilnya juga dapat untuk dapat dimanfaatkan pada musim PPDB,” katanya.

Selain pelatihan jurnalistik terdapat sayembara yang diadakan untuk membangkitkan kreativitas dari siswa siswi . Dalam materinya Bapak Moh. Shofiuddin Shofi, M.Pd. mengenalkan tentang pengertian jurnalistik, fungsi jurnalistik, bentuk-bentuk jurnalistik, jurnalistik cetak dan online pada media massa. Semua siswa terlihat antusias saat diminta menyebutkan bentuk-bentuk dari media masa. Mereka mampu menyebutkan beberapa contoh media massa, mulai dari koran, majalah, tabloid, bulletin, dan lain-lain.

Selain itu, para siswa siswi juga dikenalkan tentang kerja dari para jurnalis dalam mencari informasi/bahan berita dan mengolahnya menjadi sebuah berita. Kemudian mereka juga dikenalkan tentang proses pembuatan artikel, cerpen, dan novel. Dalam pelatihan, siswa juga mendapatkan materi tentang unsur penting sebuah berita yang meliputi 5W dan 1H, serta teknik menulis sebuah opini sehingga opini yang dibuat bisa dimuat di media massa.

Diakhir pelatihan para peserta diberikan tugas untuk membuat berita, artikel opini, ataupun sastra dan deadline pengumpulan satu minggu setelah pelatihan. Naskah yang dibuat para siswa nantinya akan diterbitkan menjadi sebuah majalah sekolah. Dengan Adaya pelatihan ini, siswa diharapkan mampu meningkatkan keterampilan menulis dengan membuat karya tulis baik fiksi maupun non fiksi serta bisa membuat berita dan menerapkan kaidah jurnalistik yang baik.

bekerjasama dengan Universitas Peradaban mengadakan kegiatan dengan tema “Pelatihan Jurnalistik dalam Pemberdayaan Potensi Menulis Majalah Sekolah Bermuatan Kearifan Lokal di ”. Kegiatan ini melibatkan dosen dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Peradaban sebagai pemateri satu yaitu Moh. Shofiuddin Shofi, M.Pd dan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Peradaban sebagai pemateri dua yaitu Reza Abineri, M.I.Kom. Selain itu, empat mahasiswa juga terlibat di dalam kegiatan ini.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Kepala Bumiayu Yudi Haryadi, S.IP. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi terkait dengan Dasar-dasar Jurnalistik disampaikan oleh Moh. Shofiuddin Shofi, M.Pd, dan dilanjut pemaparan materi dari Reza Abineri, M.I.Kom. Dalam kegiatan ini peserta tidak hanya mendapatkan teori, tetapi juga langsung mempraktikan ilmu yang sudah didapatkan. Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Bidang Pengabdian Kepada Masayarakat. Harapan selanjutnya yaitu kerjasama antara Bumiayu dan Universitas Peradaban akan terus berlanjut melalui program pelatihan yang lain.***

Baca berita terbaru dan konten menarik dari Portal Pantura di Aplikasi Google News Klik disini


konten berikut berasal dari advertiser. Redaksi Portal Pantura tidak terkait dengan pembuatanya

Don`t copy text!