scroll / tutup
Edu

Program Pengabdian Masyarakat, Universitas Peradaban Gelar Pendampingan Editor Pemula

Redaksi
×

Program Pengabdian Masyarakat, Universitas Peradaban Gelar Pendampingan Editor Pemula

Sebarkan artikel ini

Portal Pantura, Banyumas – Dosen mengadakan program pelatihan dan pendampingan di Penerbit Amerta Media , Rabu 16 Mei 2024.

Pelatihan dan pendampingan yang dilakukan tim pengabdian dalam bentuk pelatihan penyuntingan dasar bagi editor pemula di Penerbit Amerta Media .

Kegiatan ini merupakan program hibah pengabdian internal tahun 2024. Adapun tim pengabdian terdiri dari Aan Herdiana, S.Kom.I., M.Sos., dan Moh. Shofiuddin Shofi, M.Pd.
Ketua Tim Pengabdian Aan Herdiana, S.Kom.I., M.Sos, mengatakan editor mempunyai posisi yang penting dan strategis dalam industri buku. Editor yang baik menghasilkan buku yang bermutu dan berkualitas.

Namun, di sisi lain editor adalah profesi yang tidak populer di Indonesia.

“Hampir 80 persen editor di Indonesia belajar secara autodidak. Ada yang “mendadak” jadi penyunting dan ada pula yang belajar sendiri lewat buku, media sosial, dan pelatihan nonformal,” jelasnya.

Tujuan dari program ini adalah peningkatan pengetahuan dan pemahaman editor pemula tentang dunia penerbitan dan penyuntingan buku.

Aan menuturkan dibutuhkan pengembangan kemampuan dari seorang editor pemula untuk terus menempa diri, senantias terus belajar, untuk meningkatkan pemahaman, pengalaman, dan jam terbang menjadi seorang editor profesional.

Pelatihan dan pendampingan editor pemula ini fokus pada keterampilan dasar menyunting yaitu penyuntingan mekanis, penyuntingan bahasa, dan penyuntingan materi. Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Bidang Pengabdian Kepada Masayarakat.

Narasumber penyuntingan dasar bagi editor pemula Moh. Shofiuddin Shofi, M.Pd., mengatakan penggunaan bahasa menjadi sorotan utama para penyunting di dalam sebuah naskah. Diksi (pilihan kata), tata kalimat, dan tata paragraf, mempunyai kekuatan dalam membentuk naskah yang berkualitas.

Para peserta terlihat sangat antusias dan memperhatikan dengan serius paparan yang disampaikan oleh pemateri. Terbukti forum berjalan dengan suasana yang cair, diskusi yang hangat dan menyenangkan.

Lisna, salah seorang editor pemula Penerbit Amerta Media menyambut hangat dan antusias dengan acara pelatihan dan pendampingan yang diadakan oleh .

“Sebagai editor pemula, banyak hal yang saya dapatkan dari kegiatan ini. Sangat bemanfaat”, pungkasnya.***

Baca berita terbaru dan konten menarik dari Portal Pantura di Aplikasi Google News Klik disini


konten berikut berasal dari advertiser. Redaksi Portal Pantura tidak terkait dengan pembuatanya

Don`t copy text!