scroll / tutup
Edu

Mahasiswa Universitas Peradaban yang KKN di Jatimakmur Gelar Sosialisasi Stanting

Abi N
×

Mahasiswa Universitas Peradaban yang KKN di Jatimakmur Gelar Sosialisasi Stanting

Sebarkan artikel ini

Portal Pantura, Brebes – Mahasiswa Bumiayu yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Jatimakmur, Kecamatan , , menggelar berbagai kegiatan. Salah satunya yakni .

merupakan kondisi gagal tumbuh kembang pada anak yang ditandai dengan tinggi badan anak tidak sesuai dengan anak seusianya. Hal ini disebabkan oleh kurangnya asupan gizi pada periode 1000 HPK (Hari Pertama Kehamilan).

Periode 1000 HPK merupakan masa kritis sekaligus periode emas dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.

Perlu diketahui, Prevalensi di Indonesia mencapai 21,6 persen , sementara target yang ingin dicapai pada tahun 2024 ini sekitar 14 persen.

Hal tersebut kemudian dapat dijadikan acuan bagaimana pentingnya mengedukasi dan mendampingi masyarakat dalam penanggulangan yang dapat dimulai dari Keluarga sebagai unit terkecil dari masyarakat menjadi salah satu upaya bersama untuk mencapai target yang sudah ditetapkan.

Berdasarkan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dalam strategi nasional pilar 5 untuk komitmen yang terus berkelanjutan dalam penanggulangan , peningkatan literasi, keterpaduan lintas sektor, dan penguatan pemantauan evaluasi.

Sedangkan secara global, berdasarkan data UNICEF dan WHO angka prevalensi Indonesia menempati urutan tertinggi ke-27 dari 154 negara yang memiliki data , menjadikan Indonesia berada di urutan ke-5 diantara negara-negara di Asia.

“Oleh karena itu penting bagi kami selaku mahasiswa KKN dan didampingi Posyandu Desa Jatimakmur turut membantu dalam mengedukasi bagaimana urgensi , pengaruh terhadap bayi, asupan gizi, vitamin yang baik agar terhindar dari dan pentingnya keberlanjutan kesehatan bagi generasi mendatang,” kata salah seorang mahasiswa KKN, Cindi.

Kegiatan yang dijadwalkan untuk ibu hamil dan Balita ini dilaksanakan pada 6 dan 12 Februari 2024 di Desa Jatimakmur Kecamatan , Brebes.

Mahasiswa KKN dan bidan melakukan kegiatan pengecekan berat badan pengecekan tensi darah, Cek suhu untuk ibu hamil dan untuk posyandu anak terdapat kegiatan pengecekan tinggi, berat badan anak, pemberian vitamin dan imunisasi.

Program sosialiasi pencegahan diantaranya melalui media poster yang dibagikan ke masyarakat. Pemaparan materi oleh Cindi Mahasiswi Prodi Farmasi yaitu mengenai definisi , Penyebab .

Gejala maupun dampak dari stunting serta cara pencegahan dan penanganan stunting. dengan adanya penyuluhan kepada masyarakat diharapkan mereka lebih sadar dalam memilah makanan yang kurang baik bagi anak yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak.

“Sosialisasi ini juga untuk meningkatkan literasi masyarakat desa Jatimakmur dalam upaya peka dan sadar akan kesehatan dan keberlanjutan dalam pemenuhan gizi anak,” pungkas Cindi.***

Baca halaman selanjutnya
Baca berita terbaru dan konten menarik dari Portal Pantura di Aplikasi Google News Klik disini


konten berikut berasal dari advertiser. Redaksi Portal Pantura tidak terkait dengan pembuatanya

Don`t copy text!