Ditlantas Polda Jateng Uji Coba Etle Drone di Brebes

  • Whatsapp

PORTALPANTURA.COM, – Ditlantas Polda Jateng melakukan uji coba tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Brebes. Uji coba dilakukan di satu tempat, yakni simpang Tiga Exit Tol Timur, Selasa (24/01/2023).

Dalam Uji Coba Drone di Brebes, Dipimpin Kanit V Sigar Subdit Gakkum Ditlantas Polda Jateng Iptu Doohan Octa Prasetya didampingi Kanit Gakkum Satlantas Polres Ipda Rizky Renandi Putra.

“Untuk ujicoba ETLE drone di simpang tiga exit tol Brebes Timur. dan juga kita bekerja sama dengan Asosiasi Drone Indonesia yang telah tersertifikasi menerbangkan ETLE drone,” Ujar Iptu Doohan Octa Prasetya.

Nantinya, ETLE drone ini akan dikembangkan untuk dilakukan di 35 Kabupaten di wilayah Jawa tengah. Untuk cara kerjanya sendiri ETLE drone hampir sama ETLE statis dan ETLE mobile yang telah diberlakukan.

Diantaranya, yang menjadi sasaran utama pelanggaran tak memakai helm, melawan arus hingga marka jalan.

Tujuannya semata-mata untuk mendisplinkan pengguna jalan, dan menekan angka kecelakaan.

Harapannya membuat masyarakat lebih tertib dan disiplin berlalu lintas.

“Untuk kelebihanya, ETLE drone asendiri mampu menjangkau lokasi yang tak terjangkau kedua lainnya itu. Termasuk lebih detail karena camera dapat melihat dengan jelas beberapa jenis pelanggaran lalu lintas. Camera drone ini bisa memperbesar hingga 12 kali,”jelasnya.

ETLE drone diterbangkan oleh pilot drone diarahkan keatas tepat persimpangan jalan. Pilot hanya cukup melihat kamera monitor dalam alat pengendali.

  • Whatsapp

Pos terkait

Tinggalkan Balasan