scroll / tutup
News

Makanan Berbahan Daging Diragukan Kehalalanya Akibat Juru Sembelih Tidak Punya Sertifikat Halal

Redaksi
×

Makanan Berbahan Daging Diragukan Kehalalanya Akibat Juru Sembelih Tidak Punya Sertifikat Halal

Sebarkan artikel ini

PORTALPANTURA.COM, Makanan berbahan daging seperti ayam, unggas, sapi, kerbau dan lainnya diragukan kekhalalanya akibat juru sembelih yang tidak punya sertifikat .

Mengingat, mulai tahun 2024 semua makanan konsumsi harus memiliki sertifikat . Untuk itu, dipersiapkan berbagai langkah kongkrit menuju kehalalan diantaranya menyiapkan juru sembelih .

Wakil Gubernur Jawa Tengah Gus Maimun mengungkapkan, di Jawa Tengah, hanya sedikit Rumah Pemotongan Hewan (RPH), Rumah Pemotongan Ayam (RPA) dan Rumah Pemotongan Unggas (RPU) yang bersertifikat .

berjanji akan terus menggenjot berbagai pelatihan hingga para Juleha itu memiliki sertifikat . Karena untuk menjadikan RPH, RPA, RPU maka juru sembelihnya juga harus bersertifikat .

Wakil Gubernur yang santri itu mengacu pada sebuah hasil survey bahwa dari 10 ekor ayam yang dipotong hanya 1 yang . Kejadian ini terlihat ketika penyembelih tidak memperhatikan kondisi ayam itu sudah mati atau belum saat disembelih.

“Karena dikejar waktu, ayam yang belum mati disembelih langsung dimasukan ke air panas pencabut bulu. Distulan matinya ayam bukan karena disembelih tetapi karena terkena air panas,” kata usai membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Juru Sembelih (Juleha) di Aula Jabres Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten , Sabtu (28/1/2023).

Baca halaman selanjutnya
Baca berita terbaru dan konten menarik dari Portal Pantura di Aplikasi Google News Klik disini


konten berikut berasal dari advertiser. Redaksi Portal Pantura tidak terkait dengan pembuatanya

Don`t copy text!