scroll / tutup
News

Unik! Lomba Drumband di Terlaya Bantarkawung Menggunakan Alat Tak Biasa

R Yanto
×

Unik! Lomba Drumband di Terlaya Bantarkawung Menggunakan Alat Tak Biasa

Sebarkan artikel ini
Lomba drumband blek dalam rangka HUT ke-78 RI Dukuh Secang, Desa Terlaya berlangsung meriah.
Lomba drumband blek dalam rangka HUT ke-78 RI Dukuh Secang, Desa Terlaya berlangsung meriah.

, Portal Pantura – Lomba drumband di Dukuh Secang, Desa , Kecamatan , berlangsung meriah. Ada hal unik dalam lomba yang diselenggarakan dalam rangka ke-78 RI tersebut.

Keunikan tersebut yakni drum yang digunakan bukan alat drum sebagaimana biasanya, tetapi menggunakan alat tak biasa seperti menggunakan kaleng bekas. Masyarakat setempat menyebutnya blek.

Maka tidak heran jika lomba tersebut dinamakan lomba drumband blek. Selain menggunakan kaleng bekas, beberapa alat bekas juga dijadikan alat tabuh untuk menghasilkan suara dinamis.

Kemeriahan semakin terasa ketika peserta lomba mengenakan kostum warna-warni dan beringkah lucu yang membuat gelak tawa warga yang menonton.

Kepala Desa (Kades) Ujang Muhaemin SAg melalui Kadus Ustad Zalaludin mengapresiasi kegiatan peringatan RI yang digelar oleh panitia, Ia mengatakan peringatan RI kali ini digelar dengan meriah pasca vakum karena covid”19.

“Peringatan RI sebagai bentuk penghormatan dan mengenang jasa para Pahlawan Bangsa dalam memperjuangkan kemerdekaan, serta mensyukuri nikmat kermerdekaan, sekaligus untuk mempererat rasa persatuan dan kesatuan warga, serta memupuk rasa cinta akan NKRI,” ungkapnya.

Lanjut Zalaludin, dengan adanya kegiatan Peringatan RI yang digelar diharapkan menambah rasa kekeluargaan dan kekompakan warga, sehingga memupuk rasa saling mendukung dalam kebersamaan, serta rasa gotong-royong disemua kegiatan desa.

Sementara itu Ketua Panitia RI ke-78 Dukuh Secang, Kursin mengatakan, beragam lomba diadakan hampir full setiap hari, dari mulai tanggal 16 sampai dengan tanggal 20. Lomba-lomba tersebut antara lain, drumbandblek, gerak jalan, pildacil, kumandang adzan, Mars Indonesia Raya, karoke dan berbagai lomba lainya.

“Alhamdulillah lomba-lomba sudah berjalan, ini berkat kekompakan para warga dengan dana sukarela. Kami selaku panitia hanya melaksanakan kegiatan sesuai keinginan masyarakat,” ungkap Kursin.

Selain lomba-lomba kemeriahan RI Kursin mengatakan, gelaran kompetisi turnamen sepak bola antar desa, Kades CUP 2023 sudah mulai bergulir. Tim-tim sepak bola dari beberapa desa se-Kecamatan telah mendaftar dan siap bertanding diajang kompetisi bergengsi tingkat Kecamatan.

“Untuk kompetisi sepak bola sudah mulai bergulir, bagi masyarakat yang ingin menyaksikan bisa hadir di Lapangan Sungalaya Desa ,' terangnya.***

Kegiatan Peringatan RI ke-78 Dukuh Secang diisi pula dengan acara saresehan dan do'a bersama untuk memohon keberkahan dan kelancaran, dilanjut dengan pemotongan tumpeng oleh Panitia bersama Para Tomas, Toga dan Masyarakat pada Rabu malam pukul 20.00 WIB.

Baca berita terbaru dan konten menarik dari Portal Pantura di Aplikasi Google News Klik disini


konten berikut berasal dari advertiser. Redaksi Portal Pantura tidak terkait dengan pembuatanya

Don`t copy text!