scroll / tutup
News

Mahasiswa KKN Universitas Peradaban Bumiayu Sosialisasikan Lingkungan Bersih ke Siswa-Siswi SD dan MI di Desa Songgom Lor

Abi N
×

Mahasiswa KKN Universitas Peradaban Bumiayu Sosialisasikan Lingkungan Bersih ke Siswa-Siswi SD dan MI di Desa Songgom Lor

Sebarkan artikel ini

Portal Pantura, Brebes – Baru-baru ini, mahasiswa Universitas Peradaban di Desa Lor melakukan kegiatan sosialisasi lingkungan bersih pada anak-anak usia sekolah dasar (SD)/MI sederajat.

Menurut mahasiswa Universitas Peradaban di Desa Lor menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi lingkungan bersih tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran anak-anak terhadap pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.
Sosialisasi lingkungan bersih yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Peradaban di Desa Lor itu dilakukan mulai tanggal 12 Februari 2024 sampai tanggal 19 Februari 2024.

“Kami melakukan sosialisasi di beberapa sekolah, seperti SD 1 Lor, SD 2 Lor, SD 4 Lor, SD 5 Lor, dan MI Al Wathaniyah Lor, pemilihan tersebut berdasarkan rekomendasi dari pihak Pemerintah Desa Songgom Lor sendiri,” ujar Laudia Syifa, selaku penanggunjawab kegiatan tersebut.

Sebelum melakukan sosialisasi lingkungan bersih, mahasiswa Universitas Peradaban di Desa Songgom Lor terlebih dahulu melakukan observasi lingkungan SD atau MI sederajat untuk memahami kondisi lingkungan, potensi permasalahan, dan kebutuhan edukasi yang relevan.
Berdasarkan informasi yang di dapat, kegiatan dimulai dengan pengenalan konsep lingkungan sampai penjelasan mengenai bahaya yang disebabkan oleh sampah yang tidak diurus dengan baik.

Seluruh siswa pun diberikan edukasi untuk memilah sampah dengan benar dan cara melakukan upaya menjaga kebersihan lingkungan di sekitar lingkungan sekolah.

Sesuai dengan tema yang telah diusung mahasiswa Universitas Peradaban Desa Songgom Lor mengenai lingkungan bersih, dimana mereka mengusung materi tentang 3R yakni reduce, reuse, dan recycle.

Para mahasiswa juga mengajak para siswa untuk lebih aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan dan membuat kelompok kecil pengelola lingkungan yang bertugas mengawasi dan menjaga kebersihan sekolah.

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa Univesitas Peradaban tidak hanya memberi sebuah materi semata namun mereka juga mengajak secara langsung bagaimana menjaga lingkungan agar tetap bersih dengan mendaur ulang barang bekas berupa botol bekas menjadi tempat pensil.

Hasil dari kerajinan tersebut kemudian diserahkan kepada siswa-siswi tersebut sebagai kenang-kenangan dari mahasiswa Universitas Peradaban Bumiayu.

Saat ditanyakan perihal kesan dan bagaimana proses selama melakukan kegiatan tersebut, terdapat beberapa hal yang bisa mereka rasakan ketika berbaur secara langsung. Seperti ketika mereka mendatangi MI Al Wathaniyah, dimana para siswanya menduga kedatangan mahasiswa adalah para petugas vaksin serta antusiasme siswa di SD lainnya.

Tidak hanya itu, para warga sekolahnya terutama staf guru juga memberi kesan yang sangat positif dan sambutan yang hangat atas kegiatan yang dilakukan mahasiswa Universitas Peradaban tersebut.

Kegiatan sosialisasi lingkungan bersih masih berjalan oleh mahasiswa Universitas Peradaban Bumiayu di Desa Songgom Lor, dimana masih terdapat satu agenda lagi yaitu di SD 4 Songgom Lor, kecamatan Songgom, Kabupaten Brebes.
Para mahasiswa Universitas Peradaban berharap, kegiatan sosialisasi lingkungan bersih dapat terus dilakukan dan berkelanjutan di masa yang akan datang.

Demikianlah informasi mengenai kegiatan sosialisasi lingkungan bersih di SD dan MI di desa Songgom Lor oleh Mahasiswa KKN Univ. Peradaban, yang dapat disampaikan. Semoga kegiatan sosialisasi tersebut dapat memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat dan semakin sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.***

Baca halaman selanjutnya
Baca berita terbaru dan konten menarik dari Portal Pantura di Aplikasi Google News Klik disini


konten berikut berasal dari advertiser. Redaksi Portal Pantura tidak terkait dengan pembuatanya

Don`t copy text!