scroll / tutup
News

Mahasiswa KKN Universitas Peradaban Laksanakan Pendataan Sertifikasi Halal di Desa Songgom Lor

Abi N
×

Mahasiswa KKN Universitas Peradaban Laksanakan Pendataan Sertifikasi Halal di Desa Songgom Lor

Sebarkan artikel ini

Portal Pantura, Selasa, 20 Maret 2024, Mahasiswa KKN melaksanakan kunjungan pada home industry di Desa Lor, Kecamatan dalam rangka pendataan sertifikat halal.

Kegiatan kunjungan home industry yang dilakukan mahasiswa KKN ini merupakan langkah berkelanjutan dari seminar kewirasusahaan dan pendaftaran sertifikat halal yang telah mereka laksanakan.

Dengan dipandu langsung oleh Afdhal Izzarrahman, selaku pembimbing pandaftaran sertifikat halal Badan Jaminan Halal (BPJHP) Kemenag RI, mahasiswa KKN mengunjungi home industry yang ada di desa Lor satu persatu untuk pendataan dan pendaftaran sertifikat halal.

Melalui kunjungan ini, mahasiswa KKN berkesempatan untuk melihat langsung proses produksi di home industry tersebut serta melakukan wawancara dengan pemilik dan karyawan dalam rangka memperoleh informasi lengkap terkait sertifikat halal yang dimiliki.

Para mahasiswa bertindak sebagai pendamping dan melibatkan diri dalam proses pendaftaran sertifikat halal di tiap home industri.

Menurut Koordinator kegiatan, Agnesta Dwi Laksmita dari Kelompok KKN , kegiatan ini memiliki tujuan yang jelas yaitu membantu home industry di Desa Lor untuk memperoleh sertifikat halal yang sangat penting bagi produk-produk mereka.

“Kegiatan kunjungan ini juga merupakan kesempatan bagi mahasiswa KKN Universitas Peradsbsn untuk belajar lebih dalam tentang proses produksi dan manajemen perusahaan rumahan,” katanya.

Dalam kunjungan ini, para mahasiswa mendapatkan berbagai pelajaran tentang proses produksi di home industri, mulai dari pengolahan bahan baku hingga kemasan dan pendistribusian.

Selain itu, mahasiswa juga belajar tentang manajemen perusahaan, seperti penggajian, penggunaan keuangan, dan strategi pemasaran.

Setelah melakukan kunjungan, mahasiswa dan tim KKN memberikan masukan yang konstruktif kepada pemilik dan karyawan dari home industri tersebut. Masukan tersebut meliputi saran untuk proses produksi, manajemen produksi, serta rekomendasi untuk memperoleh sertifikat halal secara maksimal.

Diharapkan adanya kegiatan tersebut dapat membawa manfaat yang besar bagi home industri di Desa Lor, khususnya dalam peningkatan kualitas dan proses produksi untuk memperoleh sertifikat halal secara resmi.

Selain itu akan memberikan pengalaman yang berharga bagi mahasiswa KKN Universitas Peradsbsn dalam bidang produksi dan manajemen industry
Banyak pemilik UMKM yang berharap dengan adanya program kerja yang diadakan kelompok KKN ini dapat meningkatkan usaha mereka.

“Sebenarnya dari dulu saya ingin menjual keripik saya ke supermarket-supermarket gitu, Mbak. Tetapi tidak ada sertifikat halalnya, dulu pernah coba daftar tetapi malah kena tipu,” ucap Sulastri selaku pemilik usaha keripik dan rempeyek.
Sulastri mengungkapkan besar harapannya agar sertifikat halal yang telah di daftarakan oleh mahasiswa KKN atas nama usaha miliknya bisa segera terbit. ***

Baca berita terbaru dan konten menarik dari Portal Pantura di Aplikasi Google News Klik disini


konten berikut berasal dari advertiser. Redaksi Portal Pantura tidak terkait dengan pembuatanya

Don`t copy text!